Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng Siapkan Rp3,4 Trilliun Uang Kartal Jelang Ramadan 2018

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Mei 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan Rp3,4 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan uang kartal menjelang periode bulan Ramadan dan lebaran 2018.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia (BI) Kalteng, Setian dalam rilis bulanan BI, Senin (7/5/2018) menyebutkan, BI Kalteng bersama perbankan di Kalteng telah melakukan antisipasi sejak awal dengan menghitung perkiraan kebutuhan uang pada momentum tersebut.

"Kami telah memproyeksikan kebutuhan uang kartal yang diperkirakan akan meningkat hampir 17% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Setian lagi.

Adapun perhitungan proyeksi sudah termasuk untuk penarikan perbankan di Kota Palangka Raya, kegiatan kas keliling serta kas titipan yang berada di tujuh lokasi yaitu Sampit, Muara Teweh, Pangkalan Bun, Buntok, Nanga Bulik, Puruk Cahu, dan Kuala Kapuas.

"Untuk kenyamanan dan keamanan penukaran dapat terjaga, Setian mengimbau agar masyarakat menukar uang di perbankan.

Selama Ramadan, setiap hari sebanyak 17 bank melayani penukaran uang baik nasabah maupun non nasabah tanpa dipungut bayaran," bebernya.

Selain itu BI menurut Setian akan mendukung kegiatan penukaran di perbankan tersebut dengan menyediakan uang baru dan pecahan sesuai permintaan bank. Penukaran uang di BI dilaksanakan setiap Rabu. Dengan kriteria uang rusak/cacat dan dicabut dari peredaran. Sedangkan, perbankan melayani penukaran pecahan kecil maupun penukaran uang baru sesuai dengan jam operasional masing-masing Bank. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru