Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Bakesbangpol Kalteng Jelaskan Tujuan Bimtek Deni dan Ceni

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Mei 2018 - 01:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Deteksi Dini (Deni) dan Cegah Dini (Ceni) se-Kalteng.

Kegiatan berlangsung empat hari di Palangka Raya ini menghadirkan Bakesbangpol se-Kalteng dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) perwakilan kabupaten/kota.

Peserta bimtek akan menyerap teknik Deni dan Ceni dari tiga narasumber dari Badan Intelijen negara (BIN), Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, dan Komando Resort Militer (Korem) 102/Panju Panjung.

“Kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada aparatur bakesbangpol serta unsur masyarakat, dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap perkembangan situasi daerah,” kata Kepala Bakesbangpol Kalteng, Agus Pramono, Senin (7/5/2018).

Kedua, lanjut dia, untuk menumbuhkan naluri intelijen bagi peserta sehingga mampu menjadi garda depan sumber informasi kepala daerah.

“Serta ketiga, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam rangka menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” urainya.

Libatkan sejumlah forum 

Sejumlah forum, dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Seperti, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (PKPT).

“Selain itu, juga dilibatkan ASN Satpol PP dan Anggota DPW KPK Tipikor Kalteng serta Anggota Resimen Mahasiswa (Menwa),” kata Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol Kalteng, Johni Sonder menambahkan. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru