Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FKUB Garda Terdepan Jaga Kerukunan Umat Beragama

  • Oleh Ramadani
  • 09 Mei 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Utara Langkap Umar mengatakan, peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangatlah besar, bahkan sebagai garda terdepan dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

FKUB tentulah harus siap menghadapi tantangan yang tidak bisa dihindari. Indentifikasi kekuatan atau kelemahan internal dan eksteral harus segera dilakukan. 

“Demikian halnya strategi perlu dipersiapkan dan segera dibuat, koordinasi dan konsolidasi antarlembaga serta pengurus FKUB merupakan hal yang utama dan perlu dilakukan,” katanya pada Sosialisasi dan Pembinaan FKUB, Selasa (8/5/2018).

Langkap Umar melanjutkan, agama merupakan hak asasi manusia dan setiap orang bebas memilih agama serta beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya.

“Kerukunan umat beragama sangatlah penting untuk kita bina dan pelihara demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)” sebutnya.

Dalam memelihara kerukunan antarumat beragama, lanjut Langkap Umar, perlu diperkuat tri kerukunan yakni kerukunan intern umat beragama itu sendiri, kerukunan umat beragama yang satu dengan umat beragama lain, serta hubungan atau kerukunan antara umat beragama dan pemerintah.

Disampaikannya pula, pemerintah berkewajiban melindungi setiap pemeluk agama untuk melaksanakan ajaran agama sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dan tidak menyalahgunakan atau menodai agama yang lain serta tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum,” tutupnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru