Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perhubungan Barito Timur Gelar Razia Kendaraan Hadapi Arus Mudik

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 09 Mei 2018 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Unit Pelaksana Teknis Lalu Lintas Angkutan Jalan (UPT- LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar razia kendaraan angkutan barang dan orang dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran 2018.

Razia tersebut di antaranya dilaksanakan di jalan A Yani Tamiang Layang-Desa Ampah.

Razia tersebut digelar oleh petugas gabungan dari Dishub Bartim bersama Dishub Provinsi Kalteng, Satlantas, Satpol Pp dan TNI di terminal umum Tamiang Layang.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun ini selama dua kali,di Tamiang Layang dan Desa Ampah,” kata Kepala Bidang Transportasi Darat Edius Uhing, Rabu (9/5/2018).

Bukan hanya kendaraan angkutan barang yang dirazia, kata Edius, sejumlah kendaraan angkutan orang juga turut dirazia.

“Angkutan barang dan angkutang orang juga kami cek, mungkin saja ada yang tak laik,” ucapnya.

Razia kali ini bertujuan melakukan pengecekan kelaikan kendaraan dan kelengkapan administratif kendaraan. “Dari kondisi fisik yang tak laik, bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas, makanya kami cek,” tuturnya.

Kepala Seksi Angkutan Tidak Pada Orang Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Terjo Piu mengatakan, razia dilaksanakan berkaitan dengan kelaikan fisik kendaraan dan kelengkapan administratif kendaraan.

Kegiatan semacam ini  dilakukan menjelang pelaksanaan mudik lebaran 2018. "Muatan berlebih sangat berbahaya. Banyak kasus kecelakaan terjadi bukan karena rem blong namun karena perhitungan mengerem meleset akibat muatan berlebih," katanya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-5)

Berita Terbaru