Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Puskesmas di Kobar Miliki Tenaga Fasilitator Pemanfaatan Toga

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 09 Mei 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setiap Puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah memiliki tenaga fasilitator untuk pemanfaatan Toga dan akupresure.

Sebanyak 18 orang fasilitator tersebut telah mendapatkan penyuluhan dari Dinas Kesehatan Kobar dengan mengundang narasumber dari Kementerian Kesehatan yang ahli di bidang kesehatan tradisional.

"Penyuluhan ini dilakukan agar dapat membentuk tenaga terlatih untuk perkembangan di desa terutama di puskesmas terkait dengan perkembangan Tanaman Obat Keluarga (Toga)," kata Kasi Pelayanan Tradisional Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Mamad Syahruni, Rabu (9/5/2018).

Menurutnya, Kotawaringin Barat merupakan satu-satunya di mana seluruh puskesmasnya sudah mempunyai tenaga fasilitator untuk pemanfaatan Toga dan akupresure tersebut.

Tenaga fasilitator tersebut nantinya bisa memberikan ilmu ke masyarakat di desa untuk memberikan penyuluhan sehingga mereka bisa membentuk kelompok asuhan mandiri di setiap kelompoknya.

"Setiap kelompok itu ada 10 orang, setiap orang menanam minimal lima jenis tanaman obat herbal di perkarangan rumahnya. Sehingga Toga ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan penyakit dan pencegahan penyakit," ucapnya.

Selain itu, Toga juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang ringan seperti pusing ataupun penyakit yang tidak terlalu serius lainnya. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru