Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelayanan SIM Online Hanya Bisa Perpanjang Masa Berlaku

  • Oleh Andreansyah
  • 10 Mei 2018 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Masih banyak masyarakat mengira pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) online di Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) bisa melayani pendaftar baru. Padahal, tidak.

Pelayanan SIM online hanya menginformasikan persyaratan yang harus disiapkan masyarakat sebelum mengurus pembuatan SIM baru.

Seperti harus melampirkan foto kopi KTP, hasil tes kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit, serta persyaratan administrasi lainnya.

Kaur Binops Satlantas Polres Kobar Iptu Bambang Eko mewakil Kasat Lantas AKP Marsono menurutkan, pendaftaran pembuatan SIM online sementara ini hanya sekadar menjelaskan syarat untuk membantu mereka melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi.

"Pelayanan SIM online juga mempermudah pemohon yang berasal dari luar pulau seperti Kalimantan dan Jawa, untuk perpanjangan masa berlaku SIM mereka," ungkap Iptu Bambang, Rabu (9/5/2018).

Sedangkan untuk proses pembuatan dan pengajuan permohonan pembuatan SIM hanya bisa dilakukan secara manual."Karena kalau melalui online tidak bisa melengkapi persyaratan seperti pengambilan sidik jari dan melihat fisik kesehatan mereka sebelum ujian praktek simulasi," katanya. (ANDRE/B-3)

Berita Terbaru