Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamanan Lapas Sampit Harus Diperketat

  • Oleh Naco
  • 13 Mei 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo meminta agar pengamanan Lapas Klas IIB Sampit, Kabupaten Kotim diperketat. Keinginannya sangat beralasan pascabentrok antara petugas Lapas Mako Brimob dan narapidana belum lama ini di Jakarta.

"Apalagi kondisi Lapas Sampit selalu melebihi kapasitas, pengamanan harus diperkuat. Kita terima kasih dengan pemerintah pusat atas penambahan personel Lapas Sampit," kata Handoyo, Minggu (13/5/2018).

Meski begitu, ia juga meminta pihak Lapas memperkuat koordinasi baik itu dengan pihak Kepolisian setempat. Karena apapun bisa saja terjadi, terlebih kondisi Lapas saat ini cukup memprihatinkan.

Handoyo juga meminta agar pemerintah pusat tidak hanya membantu dari sisi personel saja, namun juga melihat kondisi bangunan Lapas yang sudah banyak rapuh.

Ia berharap, Lapas Sampit setidaknya dianggarkan bantuan untuk perbaikan. Karena warga binaan itu tidak hanya dari Kotim saja, namun juga menampung tahanan dari Kabupaten Seruyan.

"Dari dulu kondisi Lapas Sampit ini dikeluhkan. Jangan sampai pemerintah baru bertindak saat ada kejadian," tegasnya.

Handoyo yakin jika kondisi Lapas itu baik, tentunya para warga binaan tidak merasa stres di dalam. Sebaliknya jika apa yang jadi kebutuhan mereka tidak teratasi mereka bisa saja berontak.

"Seperti blok yang hanya untuk 10 orang karena melebihi kapasitas bisa sampai 30 orang, ini yang bisa jadi masalah," ujarnya.

Handoyo berharap ini jadi perhatian agar ke depan Lapas Sampit tetap aman seperti saat ini. "Apalagi di Lapas Sampit sudah beberapa kali tahanan kabur," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru