Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Kelapa di Selatan Kotawaringin Timur Perlu Direplanting

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Mei 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perkebunan tanaman kelapa di Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang sudah berumur puluhan tahun perlu direplanting (peremajaan).

"Butuh peremajaan pohon kelapa yang ada di wilayah Selatan, karena umurnya sudah lebih dari 30 tahun," ujar anggota Komisi VI DPR-RI Hamdhani, Senin (14/5/2018). 

Hamdhani menilai dengan umur pohon kelapa yang sudah puluhan tahun tersebut membuat produktifitasnya menurun. Bahkan kualitasnya juga sudah kurang baik. Terutama dari daging kelapa dalam yang tidak tebal lagi. 

"Peremajaan ini dilakukan agar hasil buah kelapa lebih produktif lagi. Sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di wilayah selatan ini," kata Hamdhani. 

Pemerintah saat ini sudah mulai melakukan peremajaan terhadap tanaman kelapa. Di mana sudah ada 175 hektare lahan di Kecamatan Teluk Sampit yang sudah direplanting. Dan akan dilakukan secara bertahap di sejumlah kecamatan lainnya di Kotim ini. 

Hamdhani juga mengatakan bahwa kelapa di Selatan menjanjikan. Dan sudah menjadi hal utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun saat ini untuk harga kelapa sendiri sangat anjlok. Bahkan mencapai Rp700 per bijinya. Jika dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp1.500 hingga 1.800 maka sangat menurun drastis. 

Hal itu kemungkinan besar akibat kelapa dalam sudah kurang produktif lagi. Sehingga peremajaan tersebutlah adalah salah satu jalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah selatan tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru