Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lintas Agama Kotawaringin Timur Gelar Deklarasi Damai

  • Oleh Naco
  • 16 Mei 2018 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Apel siaga Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) di halaman Kantor Bupati, Rabu (16/5/2018), menyambut bulan suci Ramadan seluruh lintas agama di kabupaten ini melakukan deklarasi damai.

Perwakilan tokoh agama mengucapkan deklarasi yang dipandu oleh H. Sugiono. Di mana ada tujuh poin deklarasi yang mereka sampaikan yang diikuti oleh seluruh peserta apel.

"Pertama kami masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur menjunjung tinggi setiap warga masyarakat, saling hormat menghormati sebagai sesama makhluk ciptaan tuhan, dan saudara sebangsa setanah air Indonesia," kata Sugiono.

Selain itu dalam deklarasi itu ditekankan dalam point lain yakni masyarakat Kotim adalah masyarakat beragama dan memperlakukan sesama  pemeluk agama lain, harus menjaga keharmonisan dan ketertiban berbangsa  dan bernegara, tidak melakukan politik praktis, dengan memakai atribut yang mengarah ke politik baik di rumah ibadah maupun kegiatan keagaamaan dan kemasyarakatan.

Selain itu masyarakata Kotim harus menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan keberagaman beragama, memandang dengan niat dan sikap baik, empati, penuh kasih sayang dan sikap menghormati.

Masyarakat Kotim dengan kebersamaan dan beragama mengembangkan dialog dan kerjasama kemanusiaan untuk kemajuan bangsa.

Memandang perbedaan agama dari sudut pandang sendiri dan tidak mencampuri urusan internal agama lain.

Menerima dan menghormati persamaan dan perbedaan masing-masing agama, tidak mencampuri wilayah keyakinan dan praktik peribadatan agama lain.

Serta berkomitmen bahwa kerukunan antar umat beragana tidak menghalangi penyiaran agama dan penyiaran agama tidak mengganggu kerukunan antar umat beragama. (NACO/B-5)

Berita Terbaru