Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Ingatkan Kades Jangan Sering Tinggalkan Desa

  • Oleh Uriutu
  • 16 Mei 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Ketua DPRD Barito Selatan Tamarzam mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar selalu berada di desanya. Jika kepala desa sering meninggalkan desanya akan memperlambat proses pembangunan.

“Kalau kades sering meninggalkan desanya dengan alasan yang tidak jelas, ini sangat tidak baik untuk desa tersebut,” kata Tamarzam kepada Borneonews, Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, jika kades selalu berada di desa, segala permasalahan dan keadaan desanya serta kendala-kendala yang ada bisa teratasi. Sebaliknya, apabila kades jarang di desanya, maka sulit untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam desanya.

“Saya imbau kepada Kades untuk tidak sering-sering meninggalkan desa. Kalaupun memang ada keperluan untuk urusan desa,  agar urusan tersebut segera diselesaikan satu atau dua hari itu sudah cukup meninggalkan desa, jangan sampai berlama-lama,” tandasnya. 

Menurutnya, kades tidak hanya mengurusi pemerintahan desa, namun juga punya peran dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan masyarakatnya.

Kades tak hanya berurusan dengan KTP, KK, dan surat-surat lainnya saja, namun harus punya wawasan bagaimana bisa memajukan desa dan menyelesaikan setiap permasalahan masyarakatnya. 

“Saya minta  proaktif dalam mengusulkan berbagai program pembangunan desanya masing-masing. Pemerintahan desa jangan lagi hanya menunggu bola, namun harus berusaha menjemput demi terlaksananya pembangunan di berbagai bidang dalam memacu pembangunan desa,” ucapnya.  (URIUTU DJAPER/B-2).

Berita Terbaru