Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Pastikan Keamanan Ketersediaan Daging Selama Ramadan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Mei 2018 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketersediaan stok daging sapi, telur dan daging ayam di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selama Ramadan hingga Idul Fitri 1439 H bisa dipastikan aman.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar Rosihan Pribadi, Kamis (17/5/2018) mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan peternak baik besar maupun individu serta badan usaha agar menjamin ketersediaan stok daging, telur dan ayam.

"Hal tersebut sudah kita bahas dan sepakati. Untuk memgamankan ketersediaan stok daging sapi selana Ramadan hingga Idul Fitri," jelas Rosihan 

Dari hasil koordinasi dengan peternak besar seperti perusahaan, DPKH meminta agar masing-masing peternak yang terdiri dari perusahaan besar hingga individu agar menghitung ketersediaan sapi siap potong.

"Dari hasil koordinasi antara DPKH, peternak, asosiasi jagal, dan koperasi, sudah dibuat nota kesepahaman untuk menyediakan 450 hingga 500 ekor sapi siap potong, stok selama Ramadhan," jelas Rosihan.

Menurut Rosihan, berkaca pada data tahun  2017, kebutuhan daging sapi di Kabupaten Kobar mencapai 400 ekor sapi, angka tersebut dicatat mulai 1 Ramadhan hingga hari H.

"Jumlahnya di awal Ramadhan standar mulai dari 6 ekor, terus naik hingga menjelang Ramadhan, secara berangsur-angsur dan pada H-3 hingga hari H bisa mencapai 50-70 ekor per hari," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru