Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Bentuk Tim Khusus Untuk Optimalkan PAD Sarang Burung Walet

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Mei 2018 - 12:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah membentuk tim khusus yang terdiri dari Badan Pendapatan Daerah (Bapemda) Kobar, Satpol PP Kibar dibantu oleh TNI dan Polri.

Tim khusus ini dibentuk guna mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sarang burung walet.

Bupati Kobar Nurhidayah, Jumat (18/5/2018) mengatakan tim khusus ini nantinya akan bertugas menangani persoalan sarang burung walet yang dianggap banyak tidak taat terhadap bayar pajak.

"Dalam tugasnya tim khusus ini akan melakukan pengecekan bangunan sarang walet. Tim diberi kewenangan menanyakan masalah pembayaran pajak kepada pemilik. Jika tidak ada pembayaran pajak, tentu bisa dikenai saksi berupa penyegelan atau penggembokan gedung," jelasnya.

Menurutnya pembentukan tim khusus ini dilakukan lantaran kontribusi atau pajak dari sarang burung walet masih kecil, namun tidak sebanding dengan banyaknya bangunan sarang walet.

"Tahun ini target PAD dari sarang burung walet Rp3 miliar. Tapi sampai sekarang pembayaran pajak dari sarang burung walet sudah masih minim. Memang ada juga pemilik bangunan sarang walet yang membayar pajak, tetapi masih belum sebanding dengan jumlah sarang burung walet yang ada," jelasnya lagi.

Hingga April 2018 nominal pajak yang masuk dari sektor sarang walet masih berkisar ratusan juta rupiah.

"Kami berharap agar pemilik sarang burung walet taat membayar pajak agar PAD bisa meningkat dari berbagai sektor guna meningkatkan pembangunan," tegasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru