Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resep Garut Tantimun Khas Dayak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2018 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Timun atau dalam Bahasa Dayak disebut Tantimun merupakan panganan segar sebagai lalapan. Namun masyarakat suku Dayak senang sekali mengolah tantimun sebagai lauk pendamping. Biasanya disebut garut tantimun. Garut artinya serut.

Uniknya, menggarut tantimun oleh masyarakat Dayak tidak memerlukan peralatan canggih seperti yang saat ini banyak dijual. Cukup dengan sendok, Anda bisa menikmati garut tantimun khas Dayak. Berikut resepnya.

Bahan:

- 1-2 buah timun

- 3 buah bawang merah

- cabai secukupnya

- gula

- garam

Cara membuat:

Garut tantimun dengan sendok sedikit demi sedikit. Tidak perlu rapi dan jangan tebal, cukup digarut ringan dengan sendok. Biasannya timun digarut hanya pada bagian dagingnya, namun jika Anda suka dengan bijinya, bisa juga digarut sekalian. Taruh di dalam wadah.

Timun akan mengeluarkan air sendiri jadi tidak perlu ditambahkan air pada olahan ini. Masukkan juga bawang merah yang telah diiris tipis-tipis dan cabai. Jika suka, cabai bisa dipotong-potong lebih dahulu, boleh juga utuh. Campurkan gula dan garam secukupnya.

Jika ingin lebih segar, masukkan dulu ke dalam kulkas sebelum dinikmati. Garut tantimun bisa jadi menu pendamping seperti acar, sehingga bisa dilengkapi dengan ikan goreng atau ayam goreng. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru