Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Palangka Raya Bertekad Bangun Fasilitas Umum

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Mei 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya bertekad membangun fasilitas umum. 

Kepada Rutan Kelas IIA Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri mengatakan, tekad itu merupakan kegiatan bakti para narapidana kepada negeri sekaligus dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei. 

"Tujuannya wujud permohonan maaf kepada masyarakat atas apa yang telah dilakukan warga binaan kami. Jadi ada semacam bagian dari permohonan maaf mereka, supaya ketika bebas bisa diterima di tengah masyarakat," kata Fikri, Sabtu (19/5/2018).

Ia menuturkan, kegiatan hari bakti itu merupakan program dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang digelar di seluruh Indonesia. 

"Kita mulai dengan membersihkan lingkungan kantor. Kemudian pada Juni sampai dengan Juli nanti memberikan pelatihan kepada warga binaan permasyarakatan dalam hal bangunan."

"Selanjutnya, implementasi akan dilakukan pada 17 Agustus. Yakni kita akan membuat kegiatan atau membangun sarana, fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat maupun pemerintah. Nah pada tanggal 30 Oktober, bangunan tersebut kami serahkan ke masyarakat atau pemda," ungkap Fikri. 

Ia menambahkan, sebanyak 10 sampai dengan 15 warga binaan dilibatkan dalam kegiatan itu. Mereka merupakan napi yang sudah mendapat kepercayaan dan dipastikan tidak akan kabur. Mereka juga akan dikukuhkan sebagai pasukan merah putih narapidana. 

"Tentunya dengan harapan kegiatan berjalan optimal di tengah masyarakat," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3) 

Berita Terbaru