Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi, Buaya Muncul di Sungai Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Mei 2018 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini teror nuaya masih terjadi di daerah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bahkan masyarakat sering melihat hewan buas ini muncul kepermukaan.

Seperti yang terjadi dalam beberapa hari terkahir. Buaya berukuran sekitar tiga meter lebih terekam kamara telepon genggam seorang warga. Buaya ini muncul di Desa Babaung, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim.

Saat itu sejumlah warga sedang menggunakan perahu kelotok melihat dengan jelas buaya mengapung di permukaan sungai.

"Kalau panjanganya sekitar 3 meter lebih, namun ukurannya cukup besar," ujar Camat Pulau Hanaut, Eddy Mashami, Minggu (20/5/2018). Buaya ini muncul sore pukul 17.29 WIB.

Saat itu warga bernama Wiwin hendak pulang ke rumah di Desa Bapinang Hulu. Namun saat melintas di daerah Desa Bebaung, mereka melihat seekor buaya sedang melintas di permukaan air. Hal itupun mengagetkan mereka, hingga menjauh dari hewan tersebut.

"Cukup besar, makanya mereka menjauh. Takut kalau diserang oleh hewan tersebut," katanya.

Dengan munculnya buaya ini maka Edi langsung memberikan himbauan kepada masyarakat di wilayahnya agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di tepi sungai.

Terutama saat subuh dan sore hari. Jangan sampai ada korban kembali oleh buaya tersebut.

Dia juga sudah melaporkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit untuk melakukan tindak lanjut atau penangangan. Karena kemunvuluan buaya sudah sering dalam beberapa pekan terakhir.

"Mudah-mudahan ini menjadi perhatian masyarakat, sehingga menurunkan niat mereka untuk beraktivitas di sungai. Karena sangat berbahaya bagi keselamatan," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru