Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Naik, Petani Karet di Katingan Mulai Bergairah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Mei 2018 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kenaikan harga getah karet di tingkat petani di Kabupaten Katingan disambut gembira oleh petani. Kini harga getah karet di tingkat petani di Katingan dihargai Rp6.500 per kilo oleh pengepul dari sebelumnya Rp5.500 per kilo.

Meski kenaikan harga getah karet tidak signifikan, namun membuat petani kembali bergairah. "Harapan kami harga getah karet ini kedepanya bisa terus naik, bukan malah kembali turun," harap Tino warga Desa Bukit Batu, Kabupaten Katingan, Minggu (20/5/2018).

Sebelumnya dia sempat berhenti menyadap pohon karetnya saat harga anjlok, namun ketika harga mulai membaik dirinya mengaku bakal kembali menyadap getah karetnya.

Tino mengaku memiliki kebun karet diibaratkan memiliki tabungan. Jika sewaktu-waktu hendak dibutuhkan saat harga membaik, maka getah juga dapat diandalkan.

Namun dikala harga anjlok pohon getah miliknya dibiarkan tumbuh berkembang tidak disadap.

"Sekarang kami kembali bergairah saat harga getah naik, dan mudah-mudahan kenaikan ini dalam jangka waktu yang lama, sebab biasanya kalau getah naik paling bertahan tidak lebih dari dua bulan, lalu turun lagi," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru