Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terminal Khusus Belum Punya Izin Rawan Jadi Tempat Penyelundupan

  • Oleh Uriutu
  • 20 Mei 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) Hermanes menyebutkan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan Terminal Khusus (Tersus) yang belum punya izin rawan penyeludupan barang ilegal.

“Keberadaan TUKS dan Tersus tak berizin merugikan daerah karena tidak ada kontribusi terhadap PAD. Serta rawan disalahgunakan untuk pengiriman dan penyelundupan barang-barang ilegal,” kata Hermanes kepada Borneonews, Minggu (20/5/2018).

Ia menegaskan, tidak menutup kemungkinan juga untuk penyelundupan narkoba, karena tidak ada pengawasan di sana. Sedangkan di pelabuhan yang legal serta diawasi bisa saja masih ada saja yang lolos. 

Untuk itu, lanjut dia, dirnya meminta pemerintah bekerja sama dengan aparat keamanan untuk mengawasi bongkar muat terutama di TUKS baik yang sudah ada izin maupun yang belum berizin.

“Pemkab setempat harus bertanggungjawab mengawasinya, karena sebagian telah memiliki izin yang dikeluarkan oleh pemkab,” ucap dia.

Ia menambahkan, jika tidak dengan aparat kemanan banyak kesulitan. Misalkan ditemukan barang ilegallalu siapa yang bertanggungjawab.

Tuks dan tersus, lanjut dia, saat ini banyak berada didaerah aliran sungai barito. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru