Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Jembatan Penghubung Antarprovinsi Kalteng-Kalsel Rusak Parah

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 20 Mei 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kondisi jembatan penghubung antarprovinsi di Desa Pangkan dan Desa Paku Betot Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur konsinya rusak parah dan memprihatinkan.

Jembatan tersebut merupakan penghubung antarprovinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), diketahui sudah bertahun-tahun rusak namun masih diabaikan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur Unriu Ngubel mengatakan, jembatan penghubung antarprovinsi tidak hanya satu yang rusak. Namun setidaknya ada empat buah yang seharusnya sudah menjadi prioritas pemerintah untuk segera diperbaiki.

"Ada empat jembatan kini hanya menggunakan batang pohon, dan itupun tak akan bertahan lama, karena banyaknya kendaraan besar yang melewati pasti akan rapuh," ucap Unriu, Minggu (20/5/2018).

Di daerah tersebut memang merupakan daerah rawa yang seharusnya sudah menggunakan jembatan beton.

"Semoga di tahun 2018 ini Pemprov segera membangunnya menggunakan dana APBN," harapnya.

Selain menunggu Pemprov Kalteng, Unriu juga minta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bartim segera memperbaiki jembatan tersebut, dengan dapat mengalokasikan anggaran di tahun 2018.

"ini sudah sangat menghawatirkan, takutnya terlalu lama akan memutus jalur perekonomian warga setempat, dan sembari menunggu turunnya anggaran dari provinsi," katanya.

Aris, warga setempat yang biasa melintasi jembatan tersebut berharap Pemerintah Provinsi Kalteng maupun Pemerintan Kabupaten Bartim segera membangun jembatan beton mengganti jembatan yang rusak. 

"Jalan ini termasuk salah satu akses membantu aktivitas masyarakat untuk ke provinsi tetangga, mengangguk pertanian dan perkebunan, serta jalur anak sekolah," pungkasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-5)

Berita Terbaru