Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berburu Buka Bersama di Palangka Raya Ini Serunya di Masjid Raya Darussalam

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Mei 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Anda yang mencari kebersamaan saat jelang buka puasa, bisa datang ke Masjid Raya Darus Salam Palangka Raya. Pasti akan menemui suasana berbeda tu ketika menikmati takjil bersama lebih dari 700 orang di sini.

Tak kenal tua-muda, remaja, juga anak-anak yang mengikuti orang tuanya ke masjid yang dibangun di sebelah masjid lama tersebut. Tidak hanya pemukim setempat, masjid ini pasti ramah dengan  musyafir kok.

Mereka berjajar saling menghadap dan saling membelakangi dalam barisan panjang yang teratur, menghadap menu takjil.

“Tapi sebelum sesi buka bersama, lebih dulu tahlil dan zikir bersama. Sampai hari ke-4 ini, rata-rata 700 jamaah hadir disini untuk takjil dan buka bersama disini,” kata Ahmad Supriyadi, Minggu (20/5/2018).

Bagaimana ratusan takjil dan buka puasa itu hadir di Masjid tiga lantai ini Sekretaris Ta’mir Masjid Raya Darussalam itu menuturkan, ada panitia khusus yang ‘kebagian’ memasak dan menyiapkan hidangan.

Lalu bantuan datang dari mana “Setiap hari ada yang bersedia menanggung, empat hingga enam orang donatur, lalu panitia yang mengolah hingga siap disajikan,” timpal KH Chairuddin Halim, Imam Masjid Raya tersebut.

Masjid ini terletak di jalan G Obos Palangka Raya. Berdampingan dengan Asrama Haji Al Mabrur dan IAIN Palangka Raya. Masjid megah ini diresmikan pada 23 Juli 2015, satu kompleks dengan pendidikan usia dini hingga SMP, yang disebut islamic center.

Buka bersama bukan berarti tidak mampu mencari menu berbuka sendiri, tetapi ada kalanya warga yang berpuasa ingin mencari ‘nuansa’ menikmati buka bersama dengan mereka yang berpuasa lainnya.

Ada nuansa berkah, nuansa kebersamaan dan keseruan dengan ta’jil dan bukber. Jadilah mereka ‘berburu’ di sejumlah tempat terutama masjid masjid-masjid. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru