Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Bendungan di Gunung Mas tak Berfungsi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Mei 2018 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyayangkan ada satu bendungan di Kabupaten Gunung Mas ternyata tidak bisa berfungsi seperti tujuan dibangun.

“Ada satu bendungan di Gunung Mas itu tidak fungsional. Padahal tujuannya untuk mengaliri hingga ke lahan-lahan pertanian. Nah ini kan tentunya tidak bisa diharapkan ikut membantu produktifitas lahan pertanian kita,” ungkap Kepala Dinas TPHP, Sunarti kepada Borneonews, Minggu (20/5/2018).

Ia pun berharap, sinergi lintas sektoral semakin baik ke depan. Artinya, perencanaan sebelum membangun infrastruktur seperti bendungan, harus sinkron dengan calon ‘user’ nantinya yaitu instansi yang membidangi pertanian.

“Supaya fungsional dengan baik. Bagaimana kalau bendungnya di bawah lalu lahan yang dialiri banyak berada di atas,” ungkapnya.

Sunarti juga mengungkapkan, ada banyak program cetak sawah termasuk hasil kerjasama dengan pihak TNI.  Hasilnya, sudah ada lahan yang siap tanam sekitar 2.000 ha yang siap tanam di Kalteng. “Luas tambah tanam (LTT) kita selalu dipantau tiap hari,” katanya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru