Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ayam Kampung Unggul Balitnak Bantu 10 Desa di Barito Timur Tingkatkan Asupan Gizi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Mei 2018 - 07:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Satu lagi program untuk memerangi stunting di Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah menyalurkan ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB). Untuk mengawali, adalah 10 Desa Di Kabupaten Barito Timur (Bartim) karena di sana terdeteksi angka stunting-nya tinggi.

Program penyaluran ayam KUB ini dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Kalteng. Harapannya, meningkatkan kecukupan gizi masyarakat. Kekurangan protein hewani, merupakan faktor utama terkena stunting.

“Ayam KUB adalah Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB), jadi dari Balai Penelitian Peternakan. Kita sasaran disana, ikut mengentaskan agar stunting berkurang karena gizi semakin terpenuhi,” kata Kepala Dinas TPHP Kalteng, Sunarti, Senin (21/5/2018).

Ia mengatakan, kepada warga disana, pada 2018 ini akan dibagikan 50 ekor tiap satu Kepala Keluarga (KK). Semoga 10 desa yang diberikan bantuan tersebut, termasuk pencetakan lahan pertanian, 10 desa itu terberdayakan.

“Satu KK akan diberikan 50 ekor ayam KUB, harapannya ya tadi, bisa mengentaskan warga dari pangan yang kurang asupan gizi,” singkatnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru