Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAK Non Fisik 2018 Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Terancam Hangus

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 22 Mei 2018 - 01:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang layang- Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik 2018 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur sedang diamankan Tim Saber Pungli sejak beberapa waktu lalu.

Sampai saat ini dana tersebut masih belum dikembalikan dan diduga akan hangus.

"Sampai saat ini dana yang akan peruntukan bagi 11 puskesmas tersebut masih belum dikembalikan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Simon Sembiring, Senin (21/5/2018).

Bila hingga awal Juni 2018 dana itu belum disalurkan, Dinas Kesehatan Barito Timur terancam tidak akan pernah lagi mendapatkan dana bantuan serupa dari pemerintah pusat pada tahun anggaran 2019 dan seterusnya.

"Saat ini baru tiga puskesmas yang sudah menerima, sedangkan yang belum mendapatkan dana tersebut ada delapan pukesmas. Uangnya masih di amankan di Polres Barito Timur (Tim Saber Pungli)," kata Simon.

DAK non fisik 2018 pada Dinas Kesehatan seyogianya digunakan untuk operasional puskesmas dalam menajalankan program, seperti Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Jaminan Persalinan (Jampersal), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan lainnya.

"Delapan puskesmas yang belum menerima dana selalu melaporkan kepada saya, mengeluh karena belum bisa menjalankan program untuk semester dua. Selain itu, pelayanan di puskesmas terganggu," pungkas Simon. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru