Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Kinerja Sawit Sumbermas Bakal Cemerlang Kuartal II

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 22 Mei 2018 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meskipun dirundung sentimen negatif, tetapi harga minyak sawit mentah (CPO) tetap berpotensi membaik pada kuartal II tahun ini. 

"Kenaikan permintaan menjelang Idul Fitri dan Ramadan diyakini bisa membawa harga kembali menguat. Di kuartal II ada momen Ramadhan," kata analis PT Asia Tradepoint Futures, Deddy Yusuf Siregar, dalam risetnya pekan ini.

Secara teknikal, Deddy melihat saat ini harga masih cenderung konsolidasi. Harga berada di bawah garis moving average (MA) 50, MA 100 dan MA 200 ang mengindikasikan pelemahan. Sinyal serupa juga diperlihatkan indikator relative strength index (RSI) di level 44.

Namun, peluang penguatan juga diperlihatkan oleh indikator moving average convergence divergence (MACD) yang berada di area positif dan indikator stochastic di level 62.

Mengacu pada kondisi itu, Deddy melihat saham-saham sektor CPO bisa dikoleksi pada kuartal II tahun ini.

"Kami memberikan rekomendasi saham sektor CPO yang menarik untuk dikoleksi seperti SSMS (PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk). Kinerja SSMS diyakini akan cemerlang pada kuartal II tahun ini," ujar Deddy.


Sebelumnya, Sawit Sumbermas Sarana mengumumkan rencana ekspansi besar-besaran pada tahun ini demi mengulang kesuksesan bisnis perseroan tahun lalu. 

"Pada Tahun lalu, perusahaan mencatatkan laba Rp790,9 miliar atau melonjak 34% dibanding dengan laba 2016. Kami optimistis permintaan kelapa sawit di pasar global akan terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Chief Financial Officer Sawit Sumbermas, Nicholas Justin Whittle, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk memanfaatkan potensi kenaikan permintaan, menurut Whittle, pihaknya akan terus memperbesar produksi CPO menjadi sekitar 394.517 ton, tumbuh 15% dari tahun lalu yang sekitar 343.059 ton.

"Tahun ini, Sawit Sumbermas akan menambah lahan kebun inti seluas 4.000 ha dan lahan kebun plasma sekitar 2.000 ha. Akhir 2017, luas area kebun inti Sawit Sumbermas yang sudah tertanam sekitar 71.076 ha," papar dia.

Berita Terbaru