Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Pemudik di Pelabuhan Sampit Diprediksi Menurun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Mei 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada lebaran 2018 ini diprediksi menurun. Bahkan dari perkiraan pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), pemudik hanya mencapai 17.920 orang penumpang. 

"Jika dibandingkan dengan arus mudik tahun 2017 diperkirakan lebih sedikit. Hal itu terjadi karena banyak faktor, mulai dari ekonomi dan lainnya," ujar Kepala KSOP Sampit Toto Sukarno, Selasa (22/5/2018). 

Jumlah pemudik tahun 2017 lalu yakni mencapai 18.495 orang penumpang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pemudik, di antaranya ekonomi masyarakat yang menurun. 

Selain itu adanya alternatif angkutan lain seperti udara dan melalui Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat juga menjadi salah satu penyebab menurunnya arus mudik tahun ini. 

"Mudah-mudahan tidak ada penumpang yang tidak terangkut dan arus mudik tahun ini bisa berjalan dengan baik," kata Toto. 

Sementara untuk pelayanan arus mudik 2018 ini, ada 16 keberangkatan atau call yang melayani Pelabuhan Sampit. Yakni dari PT Pelni ada sembilan call, DLU 7 call, dan untuk PT Fajar Nusantara Bahari belum diketahui, karena belum disampaikan oleh pihak pelayaran tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru