Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru Dua Puskesmas di Kapuas Budidayakan Tanaman Obat Keluarga

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Mei 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Budidaya tanaman obat keluarga (toga) di Kabupaten Kapuas baru dilakukan beberapa puskesmas.

Puskesmas yang sudah menerapkan di antaranya Barimba dan Tamban Baru. Kedua puskesmas itu bahkan sudah memiliki binaan untuk toga.

"Pembinaan yang dilakukan seperti di Puskesmas Tamban Baru itu misalnya pembudidayaan bawang dayak. Serta acupressure mereka juga sudah jalan. Kecuali untuk Puskesmas Barimba masih belum untuk acupressure-nya," kata Kasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Buray, Rabu (23/5/2018).

Untuk Puskesmas Barimba dan Basarang, lanjut dia, masih dalam pelatihan untuk acupressure. Pada April 2018, lanjut dia, Dinas Kesehatan Kapuas sudah mengadakan sosialisasi dengan para perwakilan dari setiap puskesmas untuk membahas mengenai toga dan acupressure tersebut.

"Untuk pelatihan acupressure itu bukan hanya dilakukan sekali, itupun sebatas pengenalan saja. Agar pembinaan acupressure bisa maksimal harus mengundang yang ahli di bidang itu selama minimal tiga hari," ucapnya.

Untuk di Kabupaten Kapuas, toga hanya sebatas pengembangan dan masih belum bisa dikatakan prioritas utama program kerja puskesmas. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru