Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Kapuas Lakukan Aksi Pak Kumis

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 24 Mei 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) bukan hanya tempat untuk membaca buku saja akan tetapi juga bisa melakukan kegiatan lainnya. Salah satunya program Aksi Pak Kumis yang merupakan gabungan dari berbagai program.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas Nor Apiati menjelaskan, Aksi Pak Kumis merupakan singkatan dari Ak (akomodasi), Si (persepsi), Pak (praktek kreasi dengan bahan bekas), dan Kumis (komputer internet gratis).

Maksud dari akomodasi adalah koordinasi dengan pihak bank untuk membantu kursus di lembaga pendidikan. Sedangkan persepsi adalah mengubah pandangan masyarakat terkait perpustakaan bukan hanya membaca saja.

"Dalam melaksanakan program tersebut kami juga melakukan kerjasama dengan pihak perbankan untuk pembiayaan kegiatan kursus belajar di sebuah lembaga pendidikan di Kabupaten Kapuas. Selain itu kegiatan ini untuk mengubah pola pikir masyarakat tentang perpustakaan, bahwa perpustakaan hanya tempat membaca dan meminjam buku saja," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas Nor Apiati, Kamis (24/5/2018).

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat dari komunitas, dan masyarakat umum lainnya, untuk melakukan kegiatan Tuty craft yang rutin diadakan setiap Jumat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan menciptakan karya keterampilan dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai.

"Selain kegiatan itu kami punya kursus komputer dan internet gratis, kami menargetkan kuota dari 500 sampai 1000 orang. Kegiatan ini memang gratis akan tetapi kita menganjurkan mereka untuk menabung di bank dengan nominal Rp200 ribu. Tabungan itu untuk diri mereka sendiri bukan untuk kami," ucapnya.

Sehingga dengan mereka menabung di bank, pihak bank akan memberikan timbal balik untuk membiayai instruktur kursus komputer tersebut. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru