Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga 2017, Aset Pemkab Katingan Senilai Rp 4 Triliun Tidak Tercatat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Mei 2018 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Katingan, Roby mengungkapkan, hingga tahun 2017 jumlah aset daerah yang selama ini tidak tercatat senilai lebih dari Rp 4 triliun.

"Luar biasa jumlahnya aset milik pemkab yang tidak tercatat. Dua kali lebih besar dari APBD," kata Roby saat rapat terkait masalah aset dengan sejumlah kepala SOPD, Kamis (24/5/2018).

Jumlah sebesar itu diketahui setelah pihaknya turun ke lapangan, guna melakukan pengecekan dan pencatatan aset milik SOPD maupun kecamatan.

Dia menjelaskan, aset tak tercatat itu terdiri dari beberapa jenis, seperti tanah, peralatan dan mesin, atau bangunan. Kemudian, jalan, irigasi dan jaringan, aset tetap lainnya dan konstruksi dalam pengerjaan. Serta aset lain-lain, aset tak berwujud dan persediaan.

Roby menjelaskan, jumlah aset ini akan terus bertambah setiap tahunnya, termasuk aset yang tercatat namun tidak ditemukan bukti fisik barangnya.
Hal itu berpotensi menjadi temuan BPK.

Dia pun meminta kepada kepala SOPD termasuk camat agar lebih teliti mencatat aset di kantornya masing-masing. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru