Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nila Dan Lele Didorong Jadi Ikan Unggulan Kabupaten Kapuas

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 25 Mei 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Selain patin, ikan nila dan lele juga menjadi unggulan Kabupaten Kapuas yang dikembangkan selama dua tahun terakhir. Untuk hasil budidaya dua jenis ikan itu lumayan bagus, hampir sama dengan patin.

"Untuk perkembangbiakannya kurang lebih saja dengan ikan patin. Membutuhkan waktu enam bulan untuk ikan nila bisa panen. Untuk ikan nila berat ikannnya hanya mencapai 2 ons sampai 2,5 ons. Tidak bisa besar seperti ikan patin. Kalau patin bisa mencapai berat 1 kilogram," kata Kabid Pemberdaya Pembudidaya Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Mirayani, Jumat (25/5/2018).

Untuk ikan lele, lanjut Marayani, bisa besar seperti patin. Tetapi, karena kebutuhan pasar akan ikan lele hanya yang berukuran kecil, seperti 1,5 ons dan paling besar 2 ons. Untuk masa panen membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

"Kita juga akan mencoba membudidayakan dan mengembangkan ikan gabus, yang merupakan ikan lokal di wilayah kita. Sehingga beberapa tahun ke depan ikan gabus tersebut akan kita coba untuk pembudidayaannya," ucap Mirayani.

Selain gabus, ikan betok juga akan dibudidayakan di Kabupaten Kapuas. Kedua ikan itu merupakan ikan lokal yang akan menjadi ciri khas daerah. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru