Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Membuat Mandai Kulit Cempedak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Mei 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyak yang tidak tahu bahwa kulit cempedak bisa dimakan. Masyarakat Dayak biasa mengolah kembali kulit cempedak menjadi jenis makanan baru yang disebut Mandai.

Buah cempedak adalah sejenis buah yang mirip dengan nangka hanya saja kulitnya lebih mulus dibandingkan nangka. Isi di dalamnya juga hampir mirip seperti nangka hanya saja lebih kecil.

Sama seperti nangka, setelah daging buahnya diambil, akan tersisa bagian dalamnya yang seperti helaian. Helaian inilah yang kemudian diolah menjadi mandai.

Mumpung saat ini sedang musim mandai, di Palangka Raya sedang banyak dijual, silakan untuk mencoba membuat mandai sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

Bahan:

- Kulit cempedak

- Garam

- Air

Cara membuat:

-Biasanya saat memakan cempedak, buah ini akan dibelah dua sehingga mudah untuk mengambil daging buahnya. Nah kulit cempedak yang sudah dibelah inilah yang kemudian dikupas.

Jangan terlalu tebal mengupasnya, cukup seperti mengupas mangga, tipis saja, yang penting bagian luarnya yang berwarna hijau itu hilang. Cuci bersih kemudian potong-potong.

Satu buah cempedak ukuran kecil mungkin bisa dipotong menjadi 4-6 bagian, jangan terlalu kecil. Siapkan wadah bertutup, seperti toples, kemudian masukkan kulit cempedak yang telah dipotong itu ke dalam toples.

Bubuhi dengan garam yang agak banyak kemudian tuang air hingga kulit cempedak terendam seluruhnya. Usahakan satu toples jangan terlalu penuh, bagi saja dalam beberapa toples. Kemudian simpan.

Berita Terbaru