Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lelang Jabatan Untuk Menentukan Kualitas Pejabat Kotim 

  • Oleh Naco
  • 28 Mei 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo menyebut lelang jabatan yang dilakukan untuk menentukan seperti apa kualitas dan integritas pejabat yang bakal menempati jabatan Kepala SOPD itu.

"Maka dari itu kami sangat mendukung agar Bupati Kotim melakukan lelang jabatan bagi Eselon II di Pemerintah Kabupaten Kotim ini," kata Handoyo, Senin (28/5/2018).

Lelang jabatan ini lanjut dia sebagai bagian dari keterbukaan. Selain itu juga dibutuhkan  pejabat yang menduduki jabatan itu lebih netral dan mengutamakan profesionalitas sesuai kapasitasnya.

Menurut dia lelang jabatan merupakan salah satu implementasi penerapan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Ini dimaksudkan agar proses pemilihannya berjalan lebih terbuka.

"Kita mengakui jika sejumlah nama pejabat yang diunggulkan mulai beredar. Namun  untuk kepastiannya tentu menjadi hak dan wewenang Bupati dan Baperjakat untuk menempatkan pejabat tersebut," tegasnya.

Siapa saja pejabatnya menurut Handoyo yang memang memenuhi syarat dan kriteria agar ikut mendaftar dan ikut dalam lelang jabatan itu.

Mengingat lelang jabatan sebenarnya menjadi amanat dari Undang-Undang. Dari itu ia berharap agar seleksi dilakukan oleh tim kerja yang profesional sehingga memghasilkan pejabat yang layak. (NACO/m)

Berita Terbaru