Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Sumbermas Sarana Ingin Genjot Produksi, Ini Strateginya

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 30 Mei 2018 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) akan menggenjot produksi dengan menanami lahan baru dan mengakuisisi perkebunan yang ada di sekitar areal perkebunan dan pabrik.

"Akuisisi area tanam baru merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan anorganik jangka menengah dan panjang, menjaga kualitas pengelolaan CPO dan efisiensi biaya transportasi," kata analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andy Wibowo Gunawan, dalam risetnya.

Menurut Andy, strategi pertumbuhan anorganik ini membuka ruang pertumbuhan jangka panjang. Apalagi SSMS menargetkan area tanam naik menjadi 150.000 hektare (ha) pada 2018.

"SSMS juga masih memiliki 15.258 ha landbank, sehingga memungkinkan ekspansi untuk meningkatkan jumlah lahan tertanam. Profil tanaman SSMS juga masih muda, mengindikasikan tanaman sawit akan memasuki tahun puncak produksi dalam beberapa tahun ke depan," papar dia. 

Lokasi perkebunan yang berdekatan satu sama lain serta berdekatan dengan lokasi pabrik pengolahan membuat pengangkutan lebih efisien.

Apalagi, lanjut Andy, SSMS berencana meningkatkan kapasitas pabrik. SSMS akan meningkatkan kapasitas pabrik sampai 600 ton per jam. 

"Dengan kenaikan produksi CPO, SSMS menargetkan peningkatan penjualan. Untuk pasar ekspor, SSMS fokus menggarap pasar Pakistan dan India," ujarnya. 

Andy memprediksi, produksi CPO SSMS pada 2018 tumbuh 21,7% menjadi 447.200 ton. Sedangkan volume penjualan CPO masing-masing naik 21,7% menjadi 411.400 ton.

"Pendapatan SSMS akan tumbuh menjadi Rp4,4 triliun tahun ini dengan laba bersih diprediksi mencapai Rp1,1 triliun," tutur Andi. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru