Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Karakter Harus Memaksimalkan Materi Empat Pilar Kebangsaan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 31 Mei 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pendidikan karakter jenjang SMP harus memaksimalkan materi empat pilar kebangsaan. Isi dari empat pilar kebangsaan itu seperti Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Setiap kami melakukan pertemuan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk jenjang SMP terkait pendidikan karakter empat pilar kebangsaan harus ditingkatkan dan dimaksimalkan. Karena di dalam empat pilar kebangsaan itu sudah lengkap terdiri dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Alfrid, Kamis (31/5/2018).

Pendidikan karakter ini tidak hanya dilakukan di hari-hari tertentu saja. Diharapkan juga para kepala sekolah fokus melakukan pembinaan dan penerapan terkait empat pilar kebangsaan. Sehingga pelajaran tersebut harus dipelajari kembali meskipun bukan pelajaran pokok.

"Untuk pendidikan karakter untuk jenjang SMP sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Karena pendidikan karakter tersebut sudah masuk ke program sekolah. Sehingga pendidikan karakter itu harus ditingkatkan lagi," ucapnya.

Dinas Pendidikan sudah memberikan edaran ke sekolah-sekolah terkait hari lahir pancasila. Akan tetapi, berhubung sekolah libur dan puasa maka acara yang berkaitan dengan hari lahir Pancasila ditiadakan.

Biasanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru