Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai di Cempaga Tercemar Tumpahan CPO, Ini Sebabnya

  • Oleh Naco
  • 31 Mei 2018 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sungai warga di wilayah Desa Cempaka Mulia Barat, Kecamatan Cempaga,  Kabupaten Kotawaringin Timur tercemar akibat tumpahan crude palm oil (CPO), Kamis (31/5/2018).

Menurut Kepala Desa setempat, Supian Hadi, CPO itu tumpah ke sungai karena truk yang mengangkut CPO kecebur ke sungai tidak jauh dari lapangan sepak bola Habaring Hurung desa itu.

"Informasi yang saya dapatkan karena ada truk CPO masuk sungai jadi CPO yang dibawanya tumpah ke sungai itu," kata Supian kepada Borneonews.co.id, Kamis (31/5/2018).

Belum diketahui secara pasti apa penyebab laka tunggal itu terjadi saat melintas di Jalan Tjilik Riwut itu. Namun dari penuturan sang kades, laka itu terjadi akibat sopir truk dalam keadaan mengantuk.

Ia tidak bisa mengendalikan kendaraannya hingga akhirnya masuk ke sungai tersebut. Akibat kejadian itu warga sekitar sempat mengeluhkan karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas di sekitar sungai lokasi kejadian itu karena tercemaf dengan parah.

Namun demikian warga yang mengetahui kejadian itu berbondong-bondong mengumpulkan tumpahan tersebut sebagian CPO yang tumpah itupun berkurang. (NACO/B-5)

Berita Terbaru