Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasi di Dinas Perikanan Kapuas Bocorkan Resep Bakso Ikan Patin

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 04 Juni 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas memberikan resep bakso ikan patin yang dapat dibuat ibu rumah tangga di rumah. Menu ini baik untuk berbuka puasa maupunhidangan pada Lebaran nanti.

"Bahan-bahan yang diperlukan seperti 1 kilogram daging ikan patin, tepung tapioka 250 gram, telur ayam 10 butir diambil putihnya saja sebagai pengenyal. Selanjutnya bawang putihnya sebanyak 150 gram yang sudah dihaluskan, bawang merah juga sama 150 gram dan dihaluskan. Untuk merica itu sebanyak 100 gram. Berikutnya penyedap rasa 250 gram, gula dua sendok makan, dan garam satu sendok makan," kata Kasi Pemasaran dan Pengolahan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Soleha Indriyani, Senin (4/6/2018).

Untuk tahap pembuatan, ikan patin difilet terlebih dahulu untuk membuang tulang dan kulitnya. Selanjutnya direndam pakai air garam dan air es, lalu dibersihkan dan kembali lagi direndam pakai air garam dan es. Untuk tahap selanjutnya, akan ditetesi perasan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Kemudian dicuci dan selanjutnya ditekan agar kandungan air dalam ikan menghilang.

"Untuk proses penggilingan kita menggunakan alat yang sudah disediakan bernama spiner. Lalu campur semua bahan yang sudah disebutkan tadi menjadi satu. Lalu di aduk sampai rata, dan di cetak menggunakan alat agar terbentuk menjadi bakso," ucapnya.

Untuk bakso ikan patin ini bisa bertahan sampai satu minggu. Namun, bila ingin lebih lama harus disimpan dalam lemari pendingin. Agar baksonya terasa nikmat, air rebusannya dimasukan garam dua sedok makan dan cuka juga dua sendok makan untuk takaran setengah panci besar. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru