Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kotim Maksimalkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018

  • 04 Juni 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Polres Kotawaringin Timur (Kotim) maksimalkan pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018 Masehi.

Berbagai persiapan sudah dilakukan jajaran Polres Kotim menyambut arus mudik ke luar Pulau Kalimantan. Lonjakan penumpang terutama di Pelabuhan Sampit yang selalu terjadi saat mudik lebaran sudah terlebih dahulu di antisipasi oleh Polres Kotim.

Wakapolres Kotim Kompol Dhovan Oktavianton mewakili Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel mengatakan, pihaknya siap mengamankan arus mudik, terutama di Pelabuhan Sampit yang merupakan pusat arus mudik di Kotim. Pengamanan yang dilakukan oleh jajaran Polres Kotim di pelabuhan itu guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang datang maupun pergi dari Pelabuhan Sampit.

Dhovan juga mengatakan, untuk sementara ini, pihaknya belum memastikan jumlah personel yang akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan mudik lebaran karena masih dilakukan rapat koordinasi dan analisa pengamanan. Namun hal ini akan secepatnya dilakukan, mengingat arus mudik saat ini terutama di Pelabuhan Sampit telah semakin terlihat.

"Aktivitas warga di Pelabuhan Sampit yang akan mudik lebaran sudah terlihat dan mereka perlu dijaga guna memberikan rasa aman," ucap Dhovan, Senin (4/6/2018).

Kepolisian akan melakukan kerja sama dengan instansi terkait, seperti dinas perhubungan, organisasi kemasyarakatan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kotimk, dinas kesehatan, PMI Kotim, Basarnas, PT Pelindo Sampit, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), TNI, Pramuka serta instansi pendukung lainnya guna pengamanan mudik lebaran.

"Selain di pelabuhan, terminal bus, dan bandara Haji Asan Sampit, polisi nantinya bersama instansi terkait juga akan melakukan penjagaan dan mendirikan pos pengamanan arus mudik di beberapa titik, baik itu didalam kota maupun di jalur lintas provinsi," terang Dhovan. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-5)

Berita Terbaru