Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga H-11 Lebaran, Jumlah Pemudik Lewat Pelabuhan Kumai Capai 3.593 Orang

  • Oleh Andreansyah
  • 04 Juni 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Memasuki H-11 Idul Fitri, jumlah pemudik yang berangkat menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, sebanyak 3.593 orang. Baik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, maupun Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kapten Wahyu Prihanto, mengatakan bahwa jumlah pemudik akan terus bertambah hingga memasuki H-1 Lebaran.

Berdasarkan jumlah tiket kapal yang telah terjual dari H-15 hingga H-1 Lebaran, jumlah pemudik sebanyak 26.867 penumpang. Mereka akan diangkut oleh sembilan armada dari tiga operator kapal yakni PT Pelni, PT Dharma Lautan Utama, dan ASDP.

"Untuk angkutan Lebaran tahun ini ada 28 kunjungan kapal dari tiga operator, yakni PT Pelni sebanyak 13 kunjungan dengan 5 armada, Pt Dharma Lautan Utama sebanyak 12 kunjungan dengan 3 armada, dan ASDP 3 kunjungan dengan satu armada yakni KM Kalibodri," kata Wahyu Prihanto, Senin (4/6/2018).

Menurut Wahyu, untuk saat ini jumlah pemudik yang menggunakan angkutan laut masih belum mengalami peningkatan signifikan. Ia memprediksi para pemudik mengagendakan keberangkatan pada saat memasuki masa libur sekolah.

"Mulai H-15 sampai dengan H 1 pada tanggal 14 Juni, setiap hari ada kunjungan kapal. Sehingga para pemudik dipastikan akan terangkut sampai kepelabuhan tujuan," tutur Wahyu Prihanto. (ANDREANSYAH/B-3)

Berita Terbaru