Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim TNTP Cek Kemunculan Buaya di Sungai Pukun Seruyan Hari Ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Juni 2018 - 04:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Polisi Hutan (Polhut) Taman Nasional Tanjung Puting pada Selasa (5/6/2018) hari ini, akan melakukan pengecekan terkait kemunculan buaya di area perkebunan kelapa sawit, anak Sungai Pakun, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan.

"Saya sudah berkoordinasi kepada Polhut yang bertugas di sana, untuk mengecek kemunculan buaya tersebut," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Senin (4/6/2018). 

Setelah dilakukan pengecekan akan keberadaan buaya di daerah tersebut, dan jika benar ditemukan akan dilakukan peninjauan lokasi sekitar. Apabila kawasan permukiman warga, maka pihaknya akan langsung turun ke daerah tersebut. 

"Kalau di daerah itu merupakan permukiman warga, maka akan kami lakukan imbauan seperti mengurangi aktivitas di sekitar anak sungai tersebut," kata Muriansyah. 

Mereka juga akan melakukan peninjauan tingkat kerawanan dengan kemunculan buaya tersebut. Apakah habitatnya di daerah itu masih banyak atau hanya satu ekor buaya yang ada. 

"Intinya kami akan segera melakukan peninjauan setelah ada laporan dari polhut nantinya," ungkap Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 


TAGS:

Berita Terbaru