Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Bentuk Masyarakat Peduli Api Setiap Kecamatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Juni 2018 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan pembentukan terhadap masyarakat peduli api di setiap kecamatan.

"Hari ini kami melakukan rapat koordinasi pembentukan masyarakat peduli api dan sebagian sudah dibentuk," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Halikinnor, Selasa (5/6/2018). 

Saat ini ada empat kecamatan yang sudah membentuk masyarakat peduli api tersebut. Sehingga diharapkan pada tahun ini juga seluruh kecamatan yang ada di Kotim sudah membentuk tim tersebut. 

Hal itupun sudah diutarakan pada rapat koordinasi pengendalian hutan dan lahan. Pihaknya bersama camat yang diundang sudah sepakat untuk menbentuk masyarakat peduli api tersebut. Sehingga tinggal pengadaan perlengkapan ataupun peralatan pemadaman kebakaran saja. 

"Sudah kami undang seluruh kecamatan, dan mereka sudah menyetujui. Jadi tinggal 13 kecamatan yang belum membentuk masyarakat peduli api tersebut," katanya. 

Sehingga dengan adanya hal tersebut, maka diharapkan kepada masyarakat agar selalu waspada akan terjadinya kebakaran lahan.

Dia berharap jangan sampai kajadian kebakaran hutan dan lahan hingga berakibat pada kabut asap pekat pada 2015 silam terulang kembali dan itulah yang tidak diinginkan oleh pihaknya. 

Sehingga diharapkan koordinasi dan antisipasi harus dilakukan dengan baik, sehingga agar karhutla di daerah ibi bisa diminimalisir. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru