Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Geger Interpelasi Dewan, Ormas NU tak Dukung DPRD Kalteng  

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 Juni 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Aksi yang diwacanakan DPRD Kalteng untuk meng-interpelasi Gubernur Kalteng, tak sedikitpun didukung Ormas Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng.

Sikap NU soal rencana interpelasi tersebut tegas yakni menolak karena justru kontraproduktif dengan hak-hak publik yang diwakili dan tidak mencermikan hajat hidup orang banyak.

Sebab dengan hanya ‘bermodalkan’ tidak setuju dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 10 tahun 2018 tentang hak keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD yang didalamnya mengatur tunjangan DPRD, lantas menginterpelasi, adalah patut disesalkan.

“Atas rencana interpelasi DPRD Kalteng terhadap Gubernur hanya karena Pergub 10 tahun 2018 mengenai hak Keuangan DPRD yang menurut Kemendagri adalah Gubernur sudah benar, NU menyesalkan sikap DPRD Kalteng ini,” terang Ketua PWNU Kalteng Wahyudi F Dirun saat buka puasa bersama di Pusat Pendidikan NU Kalteng jalan RTA Milono, Selasa (5/6/2018).

“Patut dipertanyakan korelasinya dengan kepentingan daerah, karena oknum anggota DPRD ternyata tidak bisa memilah mana kepentingan pribadi mana kepentingan orang banyak. Terbukti hanya karena marah tunjangannya dihapus, tidak menjadwalkan pembahasan APBD yang justru menyangkut hajat hidup orang banyak,” sambungnya.

Alasan lain yang membuat PWNU tidak sreg dengan keputusan wakil rakyat, antara lain arena diketahui ternyata tunjangan DPRD Kalteng hasil revisi yang tertuang dalam Pergub 10 sekarang termasuk katagori lebih tinggi dibanding provinsi lain yang notabene nilai APBD-nya lebih besar dari Kalteng, seperti Gorontalo dan Kalimantan Selatan.

“Ini tentu sangat memprihatinkan, sudah dapat tunjangan lebih besar masih saja bertindak seolah-olah Pergub 10/2018 tidak berpihak, jadi siapa yang patut disalahkan, justru Gubernur sangat berpihak pada anggota DPRD yang terhormat,” tukasnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru