PT Sulung Ranch Bantu Penuhi Kebutuhan Daging Sapi di Kotawaringin Barat

  • Oleh Masrohan
  • 06 Juni 2018 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Pangakalan Bun- Keberadaaan PT Sulung Ranch, salah satu anak perusahaan Citra Borneo Indah (CBI) Group, dinilai sangat membantu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam memenuhi kebutuhan daging sapi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar Rosihan Pribadi, Selasa (5/6/2018).

Rosihan yang pernah menjabat sebagai kepala Dinas Perkebunan Kobar menuturkan, biasanya menjelang Idul Fitri sudah banyak berdatangan sapi dari luar Pulau Kalimantan, terutama dari Pulau Madura.

Namun, sampai saat ini pedagang di Pangkalan Bun, ibu kota Kabupaten Kobar, belum mendatangkan sapi dari luar daerah atau luar pulau. Hal ini tidak lepas dari adanya suplai sapi dari PT Sulung Ranch.

“Sebelum ada PT Sulung Ranch dan yang lain menjelang Idul Fitri, rata-rata dalam waktu satu pekan setidaknya ada 200 ekor sapi didatangkan ke Kobar,” ungkap Rosihan didamping Rubiansyah, kepala Bidang Pascapanen dan Kelembagaan DPKH Kobar.

Akan tetapi, setelah adanya usaha sistem integrasi sawit sapi di Kobar, seperti yang dikelola PT Sulung Rach, saat ini jumlah populasi sapi di kabupaten ini bertambah signifikan. Total sapi yang dikelola PT Sulung Ranch saja sudah sekitar 7.000 ekor, belum lagi perusahaan yang lain.

Terlebih lagi, kata dia, saat ini PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) dengan program plasma sapinya sedang melakukan sosialisasi kepada kelompok ternak dan koperasi di beberapa kecamatan. Kalau program ini berhasil, suatu saat Kobar bisa mengirimkan sapi ke luar Kalimantan.

“Kita optimistis. Mudah-mudahan niat baik dari CBI Group untuk maju bersama masyarakat melalui program plasma sapi akan berhasil. Proses sosialisasi memang harus dilalui dan kami siap membantu,” tuturnya. (MASROHAN/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru