Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak H-15 Sudah 4.700 Pemudik Berangkat Dari Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Juni 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Sejak H-15 Hari Raya Idul Fitri, jumlah pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Sampit dengan tujuan Semarang dan Surabaya sudah mencapai 4.700 orang.

"Jumlah itu sudah termasuk dengan penambahan penumpang yang baru saja berangkat menggunakan KM Lauser," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Toto Sukarno, Kamis (7/6/2018).

Sebanyak 4.700 pemudik yang berangkat tersebut menumpang kapal dari dua perusahaan pelayaran, yakni PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama. Jumlah tersebut tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Karena masih di bawah kouta penumpang yang sudah ditetapkan yakni 1.600 orang.

"Mungkin H-5 Lebaran nantinya baru ada peningkatan untuk arus mudik di Pelabuhan Sampit," kata Toto.

Sementara itu, untuk penumpang yang tiba di Pelabuhan Sampit sejak H-15 lalu baru 500 orang. Kondisi tersebut memang sudah terjadi hampir setiap tahun. Karena di Kotim banyak yang mudik ketimbang datang.

"Sebanyak 500 orang tersebut kemungkinan besar masyarakat Kotim yang kuliah ataupun bekerja di luar daerah. Namun kebanyakan yang sedang libur sekolah ataupun kuliah," sebut Toto.

Sedangkan untuk proses embarkasi, petugas di pelabuhan mengutamakan orang tua, perempuan, dan anak-anak. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru