Cuti Bersama, Pelayanan Bank Hanya Libur Dua Hari

  • Oleh Masrohan
  • 07 Juni 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski pemerintah telah menetapkan cuti bersama, layanan perbankan tetap berjalan dan hanya libur selama dua hari.

“Kami hanya libur dua hari sesuai kalender," kata Pimpinan Cabang Bank Negara Indonesia (BNI) Pangkalan Bun Maslipansyah, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, tidak benar jika transaksi poerbankan terakhir pada Jumat (8/6/2018) dan akan buka kembali setelah lebaran  Selasa (19/6/2018). 

Ia menjelaskan, memang ada beberapa transaksi yang mulai Jumat (8/6/2016) sampai 19 Juni 2018 berhenti, yakni transaki yang berhubungan langsung dengan Bank Indonesia (BI) seperti cliring dan pengiriman yang harus melalui BI.

Ia meyakini, beberapa bank lainnya juga sama seperti BNI, yakni melakukan operasional terbatas dengan jumlah tertentu.

Transaksi setoran tidak akan dibatasi selama diterapkannya sistem internal operasional terbatas, namun transaksi penarikan akan dibatasi. Hal ini karena berhentinya akses ke BI.

Pihaknya akan buka antara pukul 10.00 sampai pukul 14.00 WIB. Kemudian, pelayanan penarikan dengan jumlah maksimal Rp100 juta tidak bermasalah, namun kalau penarikan lebih dari Rp100 juta sebaiknya nasabah konfirmasi terlebih dahulu.

Masyarakat tidak bisa terlepas di sistem perbankan, untuk itu, walaupun pemerintah telah menetapkan libur panjang Hari Raya Idul Fitri, transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetap berjalan seperti biasanya. (MASROHAN/B-2)

Berita Terbaru