Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAUD Tidak Ajarkan Calistung

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 07 Juni 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Membaca menulis dan berhitung (Calistung) tidak diajarkan di pendidikan anak usia dini (PAUD). Calistung di PAUD hanya sebatas pengenalan saja dan tidak memaksa anak untuk menggunakan alat tulis.

"Pengenalan yang dilakukan selain menggunakan media alam juga menggunakan media gambar," kata Kasi Kurikulum, Penilaian Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Marce, Kamis (7/6/2018).

Media yang biasa dipakai oleh guru seperti Alat Permainan Edukatif (APE) yang biasanya dibuat oleh pabrik atau juga dibuat oleh guru itu sendiri. Sehingga untuk pengenalan ini menggunakan media yang sudah ada di Paud baik itu di dalam ruangan atau luar ruangan.

"Guru juga bisa membuat permainan sendiri untuk mengenalkan calistung. Sehingga kreativitas yang dilakukan guru dapat membantu anak PAUD untuk mengenal lebih jauh tentang calistung. Bahan yang digunakan bisa menggunakan kertas atau media lainnya," ucapnya.

Permainan di PAUD juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenal calistung. Lewat permainan, anak bisa lebih mengenal calistung dengan lebih baik tanpa harus memaksa mereka untuk belajar calistung. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru