Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Kapuas: Pendidikan Harus Dilakukan Sejak Usia Dini

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 07 Juni 2018 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pendidikan karakter harus dilakukan sejak usia dini karena kalau mereka sudah menjelang dewasa akan susah untuk membentuk karakternya.

Pembentukan karakter itu menurut Kasi Kurikulum, Penilaian PAUD, dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Marce bisa melalui kehidupan sehari-hari seperti etika dan cara berbicara.

"Yang penting pendidikan karakter yang berkaitan dengan pengenalan agamanya. Karena itu harus sudah ditanam sejak dini, sehingga peran orang tua untuk mengajarinya," kata Marce, Kamis (7/6/2018).

Selain itu orang tua juga bisa memberikan pengertian kepada anak bagaimana cara menabung. Memberikan pengertiannya seperti mengatakan kepada anak untuk menyisihkan uang jajannya. Untuk anak PAUD mereka tidak dianjurkan untuk jajan di luar.

"Hal ini karena mereka disediakan oleh lembaga PAUD diberikan makanan tambahan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan anak, sehingga dengan begitu anak-anak sudah diajarkan secara tidak langsung untuk berhemat," ucapnya.

Ia menambahkan dengan adanya pemberian makanan tambahan tersebut anak-anak diajarkan untuk konsumsi makanan yang diberikan oleh orang tuanya. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru