Hanya Katingan Lunas Setoran Pengembalian Temuan BPK RI

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Juni 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Meskipun Kabupaten Katingan satu-satunya pemerintah daerah yang tidak mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng, namun tingkat pengembalian temuan justru paling bagus. Katingan menjadi satu-satunya pemkab yang tingkat pengembalian 100 persen, alias nihil tanggungan.

Nilai temuan BPK RI atas LKPD Pemkab Katingan 2017 adalah Rp342,029 miliar. Dari temuan kelebihan pembayaran dan kekurangan penerimaan itu, Katingan telah mengembalikan temuan dengan nilai penyetoran Rp342,029 miliar, dengan demikian Katingan lunas dari tanggungan wajib mengembalikan tersebut.

Sebaliknya, ada dua pemerintah kabupaten di Kalteng yang malah belum sama sekali mengembalikan atau menyetor balik temuan BPK RI tersebut ke rekening daerah, yaitu Kabupaten Barito Timur dan Barito Utara.

Nilai temuan kelebihan pembayaran dan kekurangan penerimaan untuk Pemkab Barito Timur adalah Rp3,002 miliar, dan untuk Pemkab Barito Utara adalah Rp2,329 miliar. Keduanya nilai penyetorannya nol rupiah.

Sebenarnya, dari 15 entitas pemerintah daerah se-Kalteng diperiksa yaitu pemerintah provinsi dan 14 pemerintah kabupaten/kota, semuanya mendapat temuan yang berdampak finansial dari BPK RI.

Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng Ade Iwan Ruswana mengatakan nilai total temuan yang berdampak finansial dari 15 entitas yang ada itu sebesar Rp34,164 miliar dengan tingkat pengembalian atau nilai penyetoran kembali adalah sebesar Rp8,649 miliar. Sehingga nilai yang belum disetor sebanyak Rp25,514 miliar. (ROZIQIN/m)

Berita Terbaru