Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemudik: Mau Ditempatkan Dimana Saja OK, yang Penting Mudik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juni 2018 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - KM Kirana III yang berangkat menuju Surabaya disesaki pemudik. Sebagian ada yang harus menempati lantai bawah tepatnya di ruangan kendaraan, dengan hanya beralas terpal berlapis karpet. 

Pada Jumat (8/6/2018), KM Kirana III mengangkut 1.000 penumpang, melebihi kapasitas yang maksimal hanya 850 orang. Namun hal itu sudah mendapat izin dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit. Dengan syarat mengurangi jumlah kendaraan dan juga boleh melebihi batas keselamatan penumpang. 

"Tidak apa-apa dapat tempat di lantai bawah ini, yang penting saya tetap bisa mudik," kata Syamsul Arifin (45), penumpang KM Kirana III.

Dia mengatakan, untuk tidur atau beristirahat dimana saja dinilai sama. Yang penting ada alasannya. Dan tidak kedinginan serta masih bisa beristirahat dengan nyaman. 

"Saya bersama teman-teman dan keluarga memang sengaja memilih di bagian lantai dasar, karena bisa keluar dengan cepat kalau sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," kata Syamsul. 

Sementara, Mahmud (35) penumpang lainnya mengatakan, sengaja memilih mudik menggunakan kapal laut. Hal itu dilakukan agar tidak memakan biaya besar dibandingkan menggunakan pesawat. 

"Kapal laut lebih ekonomis. Pas sekali dengan saya yang sehari-harinya hanya berdagang di Sampit ini," kata Mahmud. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru