Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Sediakan ABU di Setiap Puskesmas

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Juni 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara selalu menyediakan serum Anti Bisa Ular (ABU) di setiap puskesmas. Hal tersebut bertujuan agar pertolongan yang diberikan bisa lebih cepat.

"Dinkes telah menyediakan serum ABU di masing-masing puskesmas yang ada di kecamatan sehingga apabila terjadi kasus gigitan ular maka bisa segera ditangani," ujar Plt Dinkes Sukamara Chairuddin, Sabtu (9/6/2018).

Menurut dia, kasus gigitan ular lebih sering terjadi di wilayah pesisir pantai, seperti Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai. Sementara untuk wilayah perkebunan seperti Kecamatan Sukamara, Balai Riam dan Permata Kecubung juga terdapat kasus, namun tidak sebanyak wilayah pesisir.

Chairuddin berharap, dengan adanya beberapa kasus yang telah terjadi, maka apabila adanya korban gigitan ulang bisa langsung dibawa ke pelayanan kesehatan di wilayahnya masing-masing sehingga mendapat penanganan lebih cepat.

"Karena serum ABU ini tidak bisa dibawa kemana-mana dalam jangka waktu lama sehingga kami berharap korban bisa langsung dibawa ke tempat pelayanan kesehatan agar bisa diberikan penanganan," pinta Chairuddin. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru