Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Minta Sekolah Utamakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Siswa Baru

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Juni 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Surileli N Ladung, meminta agar sekolah mengutamakan sistem zonasi dalam proses penerimaan siswa baru saat ini.

Terutama menurutnya untuk penerimaan siswa tingkat SD dan SMP yang merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya.

"Penerimaan peserta didik baru (PPDB), khususnya tingkat SD dan SMP kita harapkan lebih mengutamakan penerapan zonasi. Sekarang kita minta sekolah harus memperhatikan dan melaksanakan hal ini," kata Surileli, Minggu (10/6/2018).

Surileli yang baru saja dilantik sebagai anggota pengganti antar waktu (PAW) DPRD Kota Palangka Raya ini mengatakan bahwa sistem zonasi yang diterapkan ini sudah sangat tepat, mengingat selama ini jumlah siswa di Kota Palangka Raya tidak merata.

"Sudah tepat saya kira karena didasarkan wilayah atau letak rumah peserta didik dengan lokasi sekolah yang dituju. Kita tahu bahwa selama ini orang tua itu cenderung hanya memilih sekolah yang katanya favorit padahal menurut saya semua sekolah itu sama saja, sama-sama ingin siswanya menjadi cerdas. Akibatnya siswa numpuk di sekolah-sekolah itu tapi banyak sekolah yang lalu sedikit peminatnya. Padahal kan dengan adanya peserta didik maka pembangunan di sekolah-sekolah juga akan merata," tegasnya.

Kebijakan adanya zonasi maupun standar nilai dalam PPDB itu sendiri menurutnya tertuang dalam peraturan Mendikbud nomor 17/2017 tentang PPDB, dengan tujuan untuk melakukan pemerataan pendidikan. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru