Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karyawan Proyek Pertamina Ternyata Tidak Punya Jaminan Ketenagakerjaan

  • Oleh Naco
  • 13 Juni 2018 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aksi yang dilakukan sejumlah karyawan proyek Pertamina Sampit yang berlokasi di Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur membongkar hal yang mengejutkan. 

Salah satunya, para karyawan proyek Pertamina selama bekerja ternyata tidak pernah didaftarkan sebagai peserta BPJS. Itu ditegaskan Anggota Komisi III DPRD Kotim, Dadang H Syamsu, Rabu (13/6/2018) yang ikut turun mendatangi mereka Selasa (12/6/2018) malam itu.

Menurut Dadang, siapa saja yang memberi kerja, secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti pekerja.

"Pekerja berhak untuk mendaftarkan diri sebagai peserta program jaminan sosial atas tanggungan pemberi kerja, apabila pemberi kerja telah nyata-nyata tidak mendaftarkan pekerjanya ke BPJS," kata Dadang.

Pengusaha yang memperkerjakan tenaga kerja sebanyak 10 orang atau lebih, atau membayar upah paling sedikit Rp1 juta sebulan wajib mengikutsertakan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial tenaga kerja.

Adapun lanjut dia, sanksi jika perusahaan selain penyelenggara negara tidak melaksanakan kewajibannya mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS bisa mendapatkan sanksi teguran tertulis, denda atau tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu. (NACO/B-2)

Berita Terbaru