Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Hulu Nantikan Kelanjutan Proyek Jalan Sanamang-Kiham Batang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juni 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Warga 11 desa di Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, menantikan pembukaan akses jalan darat sepanjang kurang lebih 45 km dari Tumbang Sanamang menuju Kiham Batang.

"Akses jalan dari Tumbang Sanamang menyusuri Sei Sanamang menuju ke Desa Kiham Batang sejauh ini sangat dinanti-nantikan masyarakat 11 desa di sepanjang Sei Sanamang itu," ungkap Yanel, anggota DPRD Katingan, Rabu (13/6/2018).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, akses jalan darat sangat vital bagi masyarakat 11 desa tersebut. Sejauh ini, transportasi andalan warga di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Sanamang hanya perahu dan kelotok.

Sebenarnya, pembukaan akses jalan tersebut sudah mulai dikerjakan sejak 2015 menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD). Saat itu pengerjaan badan jalan sekitar kurang lebih 9 km sudah selesai dari Desa Kiham Batang sampai ke Desa Dehes Asem. Proyek itu juga didanai tiga perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Namun, setelah 9 km itu selesai sampai saat ini belum ada kelanjutannya lagi. Sehingga jalan tersebut belum bisa fungsional seperti yang diharapkan.

Yanel mengaku, dalam berbagai kegiatan reses dan kunjungan kerja maupun monitoring, pembangunan ruas jalan itu sudah sering disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Katingan melalui laporan dalam Rapat Paripurna DPRD. Namun belum mendapat respons positif dari para pemangku kebijakan.

"Masyarakat Katara (Katingan Utara), khususnya masyarakat 11 desa di wilayah ini sangat mengharapkan dan menanti kelanjutan pembukaan jalan yang mencapai panjang sekitar 42 km tersebut," tutur anggota DPRD dari dapil tiga ini. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru